Ini Profil Brigjen Pol. Drs. Irlan Kustian, S.H Wakapolda Kaltim yang Baru

Ini Profil Brigjen Pol. Drs. Irlan Kustian, S.H Wakapolda Kaltim yang Baru

Balikpapan – Kaltim,  ANTPNEWS110.COM — Brigjen Pol Drs. Irlan Kustian, S.H., merupakan salah satu perwira tinggi Polri yang sudah cukup lama berkecimpung di bidang intelejen. Saat ini, pria yang memiliki hobi gowes tersebut mengemban amanah sebagai Wakapolda Kaltim.

Karir kepolisian pria kelahiran Bandung, 20 April 1963 ini dimuali saat ia menjadi Pama Polres Aceh Selatan, Polda Aceh pada 1987 lalu.

Sedangkan Pengalaman panjang di bidang intelejen ia awali saat didapuk menjadi Kasat Intel Polres Aceh Selatan, Polda Aceh.

Sebelum mendapat mandat dari Kapolri sebagai Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Irlan pernah ditugaskan menjadi Kapolres Bogor, Polda Jawa Barat.

Kerja baik dan prestasinya selama menjabat sebagai Kapolres Bogor, berbuah promosi menajdi Wadir Samapta Polda Metro Jaya tahun 2010 silam. Setelahnya, ia sempat dipindahugaskan sebagai Dir Intelkam Polda Metro Jaya.

Kembali menuai sukses di kedua jabatan tersebut, membuatnya di promosikan ke Baintelkam Polri. Selama bertugas di Baintelkam Polri, Alumni Akpol 1987 tersebut tercatat menjabat di lima jabatan berbeda dalam kurun waktu 2012 hingga sebelum ia ditunjuk sebelum menjadi Wakapolda Kaltim yang baru.

Selama periode tersebut, Brigjen Pol Irlan aktif memberi pembekalan kepada perwira intelejen dan pembekalan perwira hasil talent scouting di bidang intelejen.

Catatan baiknya di bidang intelejen membuat ayah dua anak tersebut dianggap sebagai mentor yang tepat untuk memberi pembekalan kepada taruna akpol.

Tak hanya itu, kemampuan Brigjen Pol Irlan dijadikan salah satu poros utama Baintelkam Polri dalam menghadapi isu stabilitas keamanan dan peningkatan kasus kriminal akibat pandemi Covid-19.

Pada pelaksanaan sebuah operasi intelejen di tahun 2020, Brigjen Pol Irlan dan jajaran Baintelkam Polri dinilai berhasil mendukung upaya cipta kondisi dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 lewat sejumlah program yang efektif.

Salah satu program yang dilakukan alumni Sespim 2020 ini yaitu bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil dalam pemandaatan data kependudukan sebagai langkah antisipasi tindak kriminal dan untuk SKCK Online.

Kerja Baik dan Pengabdian tulus Brigjen Pol Irlan selama ini membuatnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya oleh Presiden RI Joko Widodo pada 1 Juni 2019 lalu.

Kini, berbekal rekam jejak baik dan reputasinya di internal Polri, Brigjen Pol Irlan dihadapkan pada satu tantangan baru : Mempertahankan Kaltim sebagai wilayah yang aman, damai dan kondusif, dengan kesiapsiagaan dan pelayanan prima Polda Kaltim sebagai Wakapolda Kaltim yang baru. (Humas Polda Kaltim)

Laporan : Suwarno KR

Total Page Visits: 316 - Today Page Visits: 1
About

ANTPNEWS.COM Tajam, Tegas Dalam Peliputan Teliti Dalam Pemberitaan

POST YOUR COMMENTS

TENTANG ANTPNEWS.COM

 

Komentar

    Flag Counter
    Secured By miniOrange