3 Cara Mengetahui Kapan Kulkas Harus Dibersihkan

Anda tentu memiliki rutinitas mingguan atau bulanan untuk membersihkan oven, kompor, dan peralatan dapur lain yang sering digunakan. Termasuk kulkas yang merupakan titik fokus dapur, karena hampir selalu penuh dengan makanan, dan mungkin sulit untuk mengingat bahwa lemari es juga perlu dibersihkan.

Faktanya, karena kulkas Anda menyimpan segala sesuatu mulai dari sisa makanan Jepang hingga ayam mentah yang Anda rencanakan untuk dipanggang untuk makan malam, kulkas harus dibersihkan secara menyeluruh, dan mungkin lebih sering dari yang Anda kira. Selain membersihkan tumpahan yang terjadi untuk mencegah penyebaran bakteri, Anda juga harus membersihkan lemari es Anda sekitar empat kali setahun—ini pekerjaan yang baik untuk dilakukan saat musim berubah.

Berikut ini cara mengetahui kapan kulkas Anda harus dibersihkan

1. Saat makanan sudah basi”Waktu untuk membersihkan bagian yang berbeda dari lemari es tergantung pada petunjuk pada kemasan makanan/minuman dan label tanggal, yang juga disebut label ‘waktu kemasa dibuka’. Label ini memberikan tanggal untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang terbaik. kualitas,” kata Tamika D. Sims, PhD, direktur senior makanan komunikasi teknologi di Dewan Informasi Pangan Internasional, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Sims menunjukkan bahwa kecuali dalam kasus produk susu formula bayi, yang diatur oleh pemerintah federal, tanggal ini bukan merupakan indikasi keamanan. “Tanggal ‘Terbaik jika Digunakan Sebelum/Sebelumnya’ menunjukkan kapan suatu produk akan memiliki rasa atau kualitas terbaik. Ini bukan tanggal pembelian atau keamanan. Tanggal ‘Sell-By’ memberitahu toko berapa lama untuk menampilkan produk untuk dijual untuk manajemen persediaan. Ini juga bukan tanggal aman,” tambahnya. “Tanggal ‘Use-By’ adalah tanggal terakhir yang direkomendasikan untuk penggunaan produk saat kualitas puncak. Ini bukan tanggal aman, kecuali bila digunakan pada susu formula, dan tanggal ‘Freeze-By’ menunjukkan kapan produk harus dibekukan untuk menjaga kualitas puncak. Ini bukan tanggal pembelian atau keamanan.”

Jika Anda memperhatikan bahwa banyak makanan di kulkas telah melewati tanggal kedaluwarsa, ada baiknya untuk memeriksa dan melihat apakah masih segar. Makanan apa pun yang telah berjamur, berubah warna, atau mengeluarkan bau busuk harus segera dibuang. Setelah membuang makanan basi, Anda harus menyeka area di mana makanan itu berada dengan air sabun yang panas untuk mencegah penyebaran bakteri.

2. Setelah makanan tumpah atau bocor, terutama daging mentah atau unggasUntuk menghindari membersihkan lemari es Anda lebih sering dari yang Anda butuhkan, pastikan untuk menyimpan semua makanan Anda dengan benar. “Menyimpan makanan dengan benar adalah langkah pertama untuk menjaganya tetap segar dan aman selama mungkin. Bagan Penyimpanan Kulkas & Pembeku ini, yang disediakan oleh Food and Drug Administration, mencakup waktu penyimpanan yang aman untuk banyak makanan yang banyak digunakan,” Sims mengatakan. “Namun, FDA menyarankan bahwa semua makanan harus diperiksa pembusukannya terlepas dari tanggal yang tertera pada kemasan.”

Jika makanan tidak disimpan dengan benar, tumpahan atau kebocoran dapat terjadi, dan dalam hal ini area kulkas Anda yang terkena perlu dibersihkan. Penyimpanan makanan yang tepat sangat penting berkaitan dengan daging mentah atau produk unggas, karena kebocoran apa pun yang terkait dengan makanan tersebut dapat menyebabkan bakteri berbahaya menyebar ke item lain di lemari es Anda. Jika Anda memperhatikan bahwa ayam atau steak mentah, misalnya, telah bocor di lemari es Anda, pastikan untuk membersihkan area yang terkena dengan air sabun hangat. Anda harus melepas rak atau laci untuk menyelesaikan proses pembersihan.

3. Jika ragu, buang saja”Menurut USDA, freezer harus diatur ke suhu 0 derajat atau lebih dingin. Makanan beku umumnya memiliki umur simpan yang jauh lebih lama daripada makanan yang didinginkan, tetapi kualitasnya mungkin mulai memburuk setelah waktu yang lama,” kata Sims. “Gunakan kebijaksanaan Anda saat memutuskan apakah akan membuang makanan. Seharusnya aman untuk mengonsumsi makanan di luar label tanggalnya jika telah disimpan dengan benar. Namun, konsumen harus secara teratur mengevaluasi dapur dan lemari es mereka, memantau setiap perubahan tekstur dan bau, dan gunakan penilaian terbaik—jika ragu, buang saja.”

Cara Membersihkan Kulkas Menurut USDA, ini adalah langkah terbaik untuk membersihkan lemari es dan freezer Anda:

– Buang semua makanan basi. “Jika Anda tidak yakin apakah itu masih bagus, lebih baik membuangnya daripada mengambil risiko,” catat Sims.- Lepaskan rak, dan nampan es. Cuci bersih dengan air panas dan deterjen (seperti sabun cuci piring). Menurut Sims, semua barang kemudian dapat dibilas dengan larutan pembersih, yang dapat dibuat dengan mencampur satu sendok makan pemutih klorin cair tanpa pewangi dalam satu galon air.-“Dinding interior kulkas dan freezer, termasuk pintu dan paking (segel pintu), dapat dicuci dengan air panas dan soda kue,” jelas Sims. “Setelah itu, Anda harus membilas semuanya dengan larutan pembersih yang sama seperti di atas.”- “Terakhir, biarkan pintu terbuka selama sekitar 15 menit untuk memungkinkan sirkulasi udara bebas,” kata Sims.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.