4 Kuliner Tradisional ini Gunakan Gula Aren, Apa Saja?

Gula aren adalah salah satu olahan makanan yang berbahan dasar air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren, Melansir dari Buku Keutamaan Gula Aren dan Strategi Pengembangan Produk, gula aren banyak dimanfaatkan sebagai bahan pemanis dalam makanan dan merupakan pemanis yang aman dikonsumsi oleh tubuh. Tidak sedikit makanan yang menggunakan gula aren sebagai bahan utama maupun pelengkapnya. Berikut adalah empat makanan yang menggunakan gula aren dalam proses pembuatannya.

Singkong Legit Saus Gula ArenSeperti namanya, hidangan ini berbahan dasar singkong yang sudah direbus. Gula aren disajikan sebagai sirup yang disiram di atas singkong rebus. Selain gula aren, saus dalam hidangan ini juga membutuhkan bahan-bahan seperti gula pasir, santan, daun pandan, Nangka, dan tepung beras.

Bubur SumsumBubur sumsum merupakan salah satu makanan yang memanfaatkan gula aren dalam pembuatannya. Melansir dari ediakom.kemkes.go.id, hidangan khas Pulau Jawa ini terbuat dari paduan tepung beras dan santan serta gula aren yang manis. Bubur sumsum memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh dengab salah satu manfaatnya adalah menetralkan asam lambung sehingga cocok bagi penderita asam lambung.

Es Cendol Gula ArenGula aren juga dapat dijumpai dalam proses pembuatan es cendol gula aren. Es cendol merupakan makanan yang menggunakan gula aren sebagai pelengkap dalam penyajiannya. Apabila tepung beras berwarna hijau (cendol) dan santan menyumbangkan rasa gurih, maka sirup gula aren akan sebagai pelengkapnya berupa memberikan rasa yang manis dalam minuman ini.

Kolak PisangMelansir dari web.archive.org, kolak pisang merupakan makanan penutup dengan bahan utamanya adalah pisang. Selain itu, kolak pisang juga memanfaatkan bahan-bahan lain dalam pembuatannya, seperti gula aren, kelapa, santan, dan daun pandan. Kolak pisang biasanya disajikan sebagai makanan buka puasa yang populer.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.