5 Faktor Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya Menurut Dokter

Salah satu perubahan kulit yang sering terjadi seiring bertambahnya usia adalah fenomena mata bengkak. Ada beberapa wujud mata bengkak, termasuk bengkak di atas kelopak mata yang disebabkan oleh kulit dan lemak ekstra, bisa juga kantong besar di bawah mata memanjang sampai ke pipi. Ini paling sering terjadi pada perokok dan orang dengan kerusakan kulit.

Mengutip dari Real Simple, Ahli bedah okuloplastik di New York, Brian Brazzo, mengayakan, jenis mata bengkak yang paling umum adalah kantung tepat di bawah bulu mata yang tidak kunjung hilang. Mata bengkak memang tidak menimbulkan risiko kesehatan, tetapi bisa mengganggu.

Apa faktor yang menyebabkan mata bengkak?

1. Genetik

Menurut Brazzo, kebanyakan orang yang memiliki mata bengkak terjadi secara genetik. Jadi, tak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. “Sederhananya, mereka disebabkan oleh lemak,” jelasnya. “Ini semakin buruk seiring bertambahnya usia. Seiring berjalannya waktu, bantalan lemak itu menjadi sedikit lebih besar dan tenggelam sedikit lebih rendah karena kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga menjadi lebih terlihat.”

2. Kurang tidur

Bukan hanya pada kesehatan, kurang tidur juga dapat berdampak negatif pada kulit, termasuk menyebabkan mata bengkak. “Jika sudah memiliki mata bengkak, Anda hampir pasti akan mengalami pagi hari setelah tidak tidur nyenyak,” kata Brazo.

3. Minum alkohol

Mengkonsumsi koktail secara berlebihan juga dapat memperburuk bengkak, karena alkohol membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan.

4. Alergi

Reaksi alergi dapat memperburuk mata bengkak karena ada pembengkakan kronis di daerah hidung yang tidak kunjung hilang, ini juga bisa terjadi di daerah mata.

5. Merokok

Faktor gaya hidup yang berkontribusi menyebabkan mata bengkak. Perokok kehilangan kolagen di kulit lebih cepat daripada bukan perokok.

Cara mengobati mata bengkak tergantung pada penyebabnya. Jika kurang tidur atau minum alkohol, solusi terbaik adalah tidur lebih banyak dan minum lebih sedikit. Kurangi juga asupan garam dan pastikan mendapatkan cukup kalium. Sebab, mata bengkak bisa menjadi lebih buruk ketika mineral ini tidak seimbang.

Brazo juga menyarankan mengompres area bengkak dengan seuatu yang dingin, misalnya irisan mentimun selama 15 menit. “Biasanya dingin akan mengecilkan area bengkak selama beberapa jam. Ketika kulit dingin maka akan lebih kencang, dan ini menahan [bengkak] kembali,” jelasnya. Anda bisa menggunakan kompres dingin atau irisan mentimun, dioleskan selama lima hingga 15 menit.

Tapi untuk mata bengkak yang bersifat persisten, tak ada cara lain selain operasi. Prosedur ini disebut blepharoplasty kelopak mata bawah, dan merupakan prosedur rawat jalan di mana ahli bedah akan mengangkat lemak kelopak mata bawah menjadi potongan-potongan kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *