6 Cara Menghilangkan Selulit di Perut dari Diet hingga HIIT

Beberapa memiliki selulit di perut mereka, atau di paha mereka, bokong, atau di bagian belakang lengan mereka. Tentu saja, selulit bukanlah hal yang memalukan dan merupakan bagian normal dari tubuh manusia.

Meskipun demikian, kelebihan lemak di perut Anda dapat menjadi perhatian karena jenis lemak ini dapat berbahaya bagi kesehatan, menempatkan Anda pada risiko masalah seperti serangan jantung dan stroke, diabetes tipe 2, dan polikistik sindrom ovarium atau PCOS. Sleep apnea, hipertensi, radang sendi, penyakit hati berlemak, depresi, dan demensia juga dikaitkan dengan tingginya kadar lemak visceral di perut.

Dermatolog Hadley King menjelaskan selulit terjadi ketika timbunan lemak mendorong melalui jaringan ikat di bawah kulit, memberikan tampilan yang kental dan berlesung. “Biasanya mempengaruhi bokong dan paha tetapi dapat mempengaruhi area lain juga, termasuk perut dan lengan atas,” ujar King kepada POPSUGAR.

Selulit dapat mempengaruhi pria dan wanita, tetapi lebih sering terjadi pada wanita karena distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat yang berbeda. “Antara 80 dan 90 persen wanita mungkin mengalami selulit di beberapa titik dalam hidup mereka, yang memberitahu kita bahwa selulit sangat normal!” tambahnya.

Beberapa penyebab munculnya selulit di antaranya adalah hormon. Dr. King menjelaskan estrogen, insulin, noradrenalin, hormon tiroid, dan prolaktin semuanya berperan dalam pembentukan selulit, yang merupakan alasan lain mengapa selulit lebih umum terjadi pada wanita. Selain hormon, genetika juga merupakan faktor kunci di mana Anda memiliki selulit, jelas Bruce Katz, dokter kulit bersertifikat.

Cara menghilangkan selulit di perut

1. Perawatan prosedur kecantikan

“The American Academy of Dermatology (AAD) telah meninjau sejumlah teknik yang mungkin berhasil dalam mengurangi munculnya selulit dengan memecah pita jaringan ikat di bawah permukaan kulit,” kata Dr. King. Dia mengatakan teknik yang paling mungkin untuk menghasilkan hasil” adalah perawatan lase, subsisi, dan pelepasan jaringan presisi dengan bantuan vakum. AAD juga merekomendasikan teknik ini, tetapi teknik ini cenderung invasif dan mahal, jadi mungkin bukan pilihan bagi kebanyakan orang.

dr. Katz menegaskan bahwa selulit bukanlah hal yang memalukan, tetapi jika Anda sadar akan hal itu, ada beberapa pilihan gaya hidup sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi munculnya selulit. Menurunkan berat badan adalah salah satu cara untuk mengurangi selulit perut. Meskipun Anda tidak dapat menemukan pengurangan lemak dari perut Anda, menurunkan persentase lemak tubuh Anda secara keseluruhan akan membantu Anda menjadi lebih ramping, termasuk di perut Anda.

2. Diet

Para ahli sepakat bahwa untuk mengurangi persentase lemak tubuh Anda secara keseluruhan, diet adalah kuncinya dan akan membantu mengurangi lemak perut. Meskipun Anda tidak perlu berhenti makan makanan favorit Anda seperti pizza dan es krim sepenuhnya, penting untuk fokus pada makan makanan bergizi. Ahli diet terdaftar Jessica Levings dari Balanced Pantry mengatakan diet Anda harus mencakup makanan utuh, karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, protein yang cukup, serta lemak sehat.

Defisit kalori moderat juga penting. Levings merekomendasikan membuat janji dengan ahli diet terdaftar sehingga mereka dapat membantu Anda merancang rencana makan individual berdasarkan kebutuhan kalori dan tujuan berat badan Anda.

3. Kurangi gula dan makanan olahan

“Salah satu penyebab terbesar selulit adalah makanan ringan manis dan makanan olahan,” jelas Manish Shah, ahli bedah plastik bersertifikat di Denver. “Gula disimpan dalam sel lemak kita, dan jika terlalu banyak akan menyebabkannya mengembang, sehingga menciptakan tampilan selulit.”

Gula dan karbohidrat olahan juga memiliki efek pada kadar insulin Anda. Jason Fung,, seorang nephrologist, menjelaskan dalam wawancara sebelumnya bahwa makanan seperti donat, kue, permen, pasta, dan roti putih meningkatkan kadar insulin Anda, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Menjaga kadar insulin Anda tetap rendah akan membantu mengurangi persentase lemak tubuh Anda secara keseluruhan, dan itu berarti lemak perut.

4. Kurangi alkohol

Alkohol cenderung memiliki jumlah gula yang tinggi, yang mungkin hanya membuat selulit lebih terlihat. Juga, konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan lemak perut, menurut ahli diet terdaftar Whitney English. Salah satu alasannya adalah ketika Anda minum alkohol — yang tidak dapat disimpan oleh tubuh Anda seperti halnya lemak, protein, dan karbohidrat — hati Anda memprioritaskan pemrosesan alkohol, yang mengganggu metabolisme Anda. Ini mengarah pada penyimpanan lebih banyak lemak di tubuh Anda, jadi batasi gelas anggur, bir, dan koktail.

5. Latihan HIIT

Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan selulit, Anda dapat menguranginya dengan menurunkan berat badan dengan olahraga yang dikombinasikan dengan diet sehat. Beberapa latihan lebih efektif daripada yang lain, dan pelatih bersertifikat ISSA Jamie Hickey merekomendasikan latihan interval intensitas tinggi atau HIIT. Latihan HIIT adalah jenis kardio paling efektif yang terbukti menargetkan lemak perut. Ini tidak hanya berfungsi tetapi juga menghemat waktu Anda di gym.

“Seluruh latihan, termasuk pemanasan, tidak perlu lebih dari 45 menit agar efektif,” kata instruktur kebugaran bersertifikat ACE John Kersbergen dalam wawancara sebelumnya. Dia menambahkan bahwa tiga sampai empat kali seminggu sudah cukup.

6. Latihan Kekuatan

Selain latihan kardio pastikan Anda memasukkan latihan kekuatan ke dalam rencana kebugaran Anda, kata pelatih bersertifikat NASM dan ahli fisiologi olahraga Krissi Williford. Anda dapat mengangkat beban seperti dumbel atau barbel, atau menggunakan gerakan berat badan. membangun otot melalui latihan kekuatan akan mendorong tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat dan mempercepat metabolisme Anda, jelas Nicole Aurigemma, ahli fisiologi di Penn State Muscle Biology Lab, dalam wawancara sebelumnya. Detidaknya tiga sesi latihan kekuatan seminggu, mencakup semua bagian tubuh Anda, menggabungkan latihan yang berbeda, dan menggunakan berbagai peralatan.

Hampir 90 persen wanita memiliki selulit, meskipun selulit diperlakukan seperti cacat besar yang perlu diperbaiki. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah merangkul tubuh yang Anda miliki dan mencintai diri sendiri, terutama versi tanpa filter. Ingatlah bahwa tujuan dari makan yang benar dan berolahraga adalah untuk menjadi sehat dan kuat dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Fokus pada bagaimana memberi nutrisi pada diri sendiri dengan makanan membuat Anda merasa berenergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.