Gubernur Kepulauan Riau Ajak Belanja di Festival Asparnas, Contohnya Rp 100 Ribu

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengajak jajaran organisasi perangkat daerah untuk belanja di Festival Asosiasi Pariwisata Nasional di Mall TCC Tanjungpinang. Festival yang berlangsung mulai 12-18 Desember 2021 itu diikuti puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM serta berisi diskusi pariwisata dan acara hiburan.

“Melalui acara seperti ini, UMKM kita bisa mendapatkan sarana pemasaran yang lebih luas sekaligus memulihkan perekonomi di Kepulauan Riau selama pandemi Covid-19,” ujar Ansar seusai berkeliling ke sejumlah gerai UMKM dan berbincang dengan para pedagang. Pada kesempatan itu, dia mengatakan akan menginstruksikan seluruh kepala organisasi perangkat daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk datang dan belanja. Ansar mencontohkan dengan belanja di setiap gerai UMKM sebesar Rp 100 ribu.

Ketua Panitia Asparnas Kepri Fest 2021, Suherman mengatakan, festival ini merupakan usaha membangkitkan kembali UMKM yang terpukul selama pandemi Covid-19. “Masyarakat begitu antusias mengikuti festival ini. Sejak awal buka, banyak sekali yang datang,” ujarnya.

Tak hanya menggelar bazar UMKM, Festival Asparnas mengadakan bincang-bincang dan pelatihan singkat tentang fotografi, desa wisata, barista, isu pariwisata, dan sebagainya. Para pengunjung juga dapat menyaksikan penampilan berbagai seni budaya yang ada di Tanjungpinang. Mulai dari kesenian Jawa, Minangkabau, Melayu, Kolintang, Batak, Sunda, Maluku, dan Barongsai. Akan hadir pula artis jebolan Indonesia Idol, Winda Viska.

Di sela sekitar 70 gerai UMKM di lantai dua TCC Mall Tanjungpinang, ada pula ruang pelayanan publik, seperti pembuatan paspor, memperpanjang SIM, dan lainnya. “Untuk beberapa hari ini, kami memperkirakan perputaran uang UMKM bisa sampai Rp 100 juta setiap hari,” kata Ketua DPD Asparnas Kepulauan Riau, Mulyadi Tan seraya mengingatkan agar semua pihak disiplin protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.