Pasar Gembrong, Surganya Mainan Murah Meriah di DKI Jakarta

Pasar Gembrong merupakan salah satu pasar ikonik yang berada di DKI Jakarta. Pasar Gembrong dikenal sebagai pasar pusat mainan. Berbagai jenis mainan dapat ditemui di Pasar Gembrong, mulai dari mainan tradisional hingga mainan impor.

Berbagai mainan yang ditemui di Pasar Gembrong dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Hal tersebut membuat sebagian besar orang tua menjadikan Pasar Gembrong sebagai tujuan utama ketika ingin memanjakan anak dengan mainan. Selain itu, seperti pasar tradisional pada umumnya, berbelanja di Pasar Gembrong harganya dapat ditawar sehingga satu butir mainan dapat dibeli dengan harga yang sangat miring.

Meskipun dikenal sebagai pasar mainan, Pasar Gembrong ternyata bukan merupakan pasar mainan ketika didirikan untuk pertama kalinya. Seperti dilansir dari berbagai sumber, Pasar Gembrong yang didirikan pada 1960-an pada awalnya merupakan pasar sayuran. Banyak pedagang sayur, tempe, tahu, ikan asin dan barang-barang khas pasar tradisional lain yang memenuhi Pasar Gembrong. Suasana tersebut bertahan hingga 1998.

Pada saat Reformasi meletus pada 1998, Pasar Gembrong terkena dampaknya. Banyak kios sayuran yang rusak dan roboh karena kerusuhan yang terjadi pada waktu itu. Setelah kerusuhan berakhir, beberapa pedagang Pasar Gembrong membangun kios semi-permanen dan menjual berbagai macam mainan, serta alat tulis. Tindakan beberapa pedagang tersebut pun kemudian ditiru oleh pedagang-pedagang lainnya sehingga Pasar Gembrong yang awalnya pasar sayur perlahan-lahan menjadi pasar mainan seperti saat ini.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, mainan-mainan yang dijajakan di Pasar Gembrong berasal dari berbagai daerah. Mainan produksi lokal umumnya dipasok dari Cengkareng, DKI Jakarta. Sementara itu, mainan impor biasanya didapat dari Cina.

BANGKIT ADHI WIGUNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *